logo

bg-h4-whiteKolumnis


Senin, 10 Sep 2018 | 16:07

Bus Maut Cikidang Tewaskan 21 Orang: KIR Mati 2 Tahun, Sopir Kabur Sambil Ngesot

Penulis : Otomen - Editor : Otomen
img1

img1

Mr. OtoMen

Mr.OtoMen - Jalan Alternatif Cikidang-Palabuhanratu, Sukabumi, Jawa Barat, menjadi saksi tewasnya 21 orang karyawan PT Catur Putra Grup (CPG) Bogor.

Kejadian pilu ini terjadi Sabtu (8/9/2018) sekitar pukul 12.14 WIB, bus Jakarta Wisata Transport terjun ke dalam jurang sedalam 30 meter. Selain 21 orang tewas, 18 orang lainnya mengalami luka-luka.

Banyak fakta miris terungkap setelah kejadian kecelakaan paling memilukan di awal September ini.

Kondektur yang merangkap menjadi sopir malah kabur setelah bus terjun ke dasar jurang. Sopir bus akhirnya terungkap bernama Adam yang terekam dalam video warga saat kabur sambil ngesot.

Adam ditemukan oleh pemandu arung jeram dengan posisi tergeletak di pinggir sungai. Jaraknya sekitar 2 km dari lokasi kecelakaan.

Kelalaian pertama terungkap, sopir bus bukan orang yang seharusnya pegang kemudi. Tapi seorang kondektur.

Fakta lainnya terungkap, rem bus blong. Lebih mirisnya, dari kaleng uji KIR yang terpasang di badan bus terungkap sudah 2 tahun tidak melakukan uji kelayakan.

"Anggota kita menemukan kaleng uji KIR tahun 2016, artinya KIR dalam kondisi mati selama 2 tahun, artinya perusahaan tidak melakukan uji kelayakan kendaraannya," kata Kapolres Sukabumi, AKBP Nasriadi seperti dikutip dari www.detik.com.

Hemmmm... kecelakaan sudah terjadi, jika boleh berandai-andai, jika bus layak jalan dan dikendalikan orang yang tepat, mungkin saja kejadian naas ini tidak terjadi. (***)


Kolumnis adalah fitur citizen journalism, setiap konten (teks, foto, video dan infografis) menjadi tanggung jawab kolumnis (penulis) itu sendiri. Redaksi Otojurnalisme.com tidak bertanggungjawab atas segala tuntutan dari pihak manapun atas konten yang ditayangkan oleh kolumnis.
SHARE THIS ARTICLE :

Profile

Mr. OtoMen
otomen.otojurnalisme.com

Menulis sejak 2003 di sebuah media terkemuka di tanah air. 2014 banting setir ke dunia bisnis. Dan saat ini hanya menulis untuk www.otojurnalisme.com. Bisa meluangkan analisa, kritik dan masukan seputar dunia otomotif lewat tulisan independent itu serasa syurga dunia :)

Join Date : Senin, 17/10/2016 18:19

Pojok Kolumnis


ARIPITSTOP
Aripitsto
OtoXplore
Otoxplore
Elang
Elang
Rilis
Rilis
Dhika
Dhika
Rider
Rider
Mr. OtoMen
Mr. Otome
Otowheel
Otowheel

Video

logo1

OTOJURNALISME.COM adalah portal berita otomotif pertama di Indonesia yang mengkolaborasikan konten JURNALISTIK dan ulasan para KOLUMNIS yang expert di bidang otomotif
Alamat : Jl. Tanjung Barat Raya No. 11 A Jakarta Selatan - DKI Jakarta - Indonesia
Telp: 021-22701245
email: [email protected]
Facebook
Twitter